Apa sikap agama kita, bolehkah mengirim ucapan kebaikkan pada ulang tahunnya? Bolehkah saya mendatangi pesta ulang tahun mereka dan perlu diketahui didalam pesta tsb tidak ada kemungkaran syar’i.

Jawab

Alhamdulillah wa sholatu wassalamu ‘ala rasulillah al amin amma ba’du:

Orang yg melarang seseorang merayakan pesta ulang tahunnya berdalil
بحديث (من تشبه بقوم فهو منهم )

Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk kaum tersebut

Hadis ini diriwayatkan oleh ibnu Umar, Hudzaifah, Anas dan dari perkataan Umar serta hadis mursal Hasan

Setelah pengkajian secara mendalam, jelas hadis ini tidak shahih, ringkasnya hadis Ibnu Umar dhaif dari segala jalurnya begitu juga hadis Hudzaifah dhaif dan cacat dihukumi mauquf yang benar itu perkataan Hudzaifah tidak bisa dihukumi marfu. Adapun perkataan Umar tidak bisa dihukumi marfu’ dikarenakan kemungkinan perkataan tsb adalah hasil kesimpulannya. Adapun Mursal Hasan dhaif karena terputusnya sanad.

Banyak ulama yang mendhaifkan hadis ini seperti Bukhori riwayatnya mua’llaq dengan bentuk penyampaiannya dengan shigoh tamrid, begitu pula Mundzur, Bushoiri, Manawi, Sakhowi, Zaila’i Zarkasyi, Jubaidi dalam takhriz Al-ahya’, Azlawani, Suyuti, Ibnu Zauji dalam Maudhuaat, Fatani di Maudhuaat, Syaukani di Maudhuatnya sedangkan Albajar, Haitsami, Thobroni mengisyaratkan bahwa hadis tsb ada cacatnya, Ibnu Hajar terkadang mencacatkan hadis tsb teekadang menghasankannya, adapun Aliroqi mebdhoifkan hadis yang diriwaytkan Hudzaifah dan menshahihkan riwayat ibnu Umar. Namun Ibnu Taimiyah dan Albani mereka menyendiri dalam menshahihkan hadis tsb. Yang benar adalah apa yang disimpulkan para ahli hadis diatas yang telah disebutkan karena jelas cacatnya.

Jika hal ini jelas, maka lemahlah orang yang berdalil atas hadis tersebut dengan mengharamkan sesuatu dan menjadikannya sebagai perbuatan maksiat yang dilihat hanya sekedar perbuatan penyerupaan. Ini dari segi ilmu Hadis.

ket:
– Mauquf: adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada sahabat.
– Marfu: Segala sesuatu yang disandarkan kepada nabi.
– Mu’allaq: Hadis yang terputus rantai perawinya di awal sanad.

Adapun dari segi fiqih hadis tersebut tidak menunjukkan pengharaman seseorang mengadakan pesta ulang tahunnya karena lafadz تشبه (menyerupai) dalam bahasa arab mengikuti bentuk تفعل ia adalah shighoh yang menunjukkan bermaksud, sengaja dan mengikuti. Maka barangsiapa yang sengaja mengikuti tradisi orang kafir dan ia mengerjakannya maka ia masuk didalam celaan tersebut. Dan barangsiapa yamg tidak bermaksud mengikuti mereka dan tradisinya maka boleh bagi mereka.

Tasyabuh bermacam macam:
1. Apabila hal tersebut termasuk dalam agama mereka dan bentuk peribadatannya dan ini diharamkan secara qot’i.
2. Apabila hal tsb dalam permasalahan yang dilarang jelas secara syariat untuk dilakukan seperti tabarruj, ikhtilat, menampakkan aurat hal tsb diharamkan karena adanya nash.
3. Apabila hal tsb adalah tradisi mereka dan tidak ada nash yang melarangnya, disini dilihat apabila hal tsb adalah bagian ciri khas orang kafir yang mana apabila orang yang melakukannya bisa dipahami bahwa mereka mengikuti dan menyerupai mereka seperti pakaian yang ada gambar tokoh2 mereka, artis maupun aktor hal ini menunjukkan penyerupaan dan kecintaan terhadap mereka dan ini tidak boleh karena menyebabkan wala’ (cinta) kepada mereka dan ini diharamkan berdasarkan nash alquran

(ومن يتولهم منكم فهو منهم )

Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. – almaidah 51-.

Segala sesuatu yang mengantarkan kepada keharaman maka ia haram.

Adapun selain itu maka ia adalah sesuatu yang didiamkan syariat hukumnya, dan bila ada manfaatnya bagi muslim maka tidak mengapa dilakukan dan tidak dianggap sebagai penyerupaan orang kafir (tasyabuh) karena manfaat dan maslahah adalah tujuan syariat untuk semua makhluk tidak terkhusus seseorang saja.

Untuk itu nabi mengambil strategi majusi dalam menggali parit karena adanya kebaikkan yang jelas, iapun memakai stempel dalam surat suratnya hal tsb tidak dikenal kecuali dari non muslim. Dan sekarang baju baju resmi seluruh dunia semua memakainya dari celana, training, dan banyak lagi dari perkakas rumah, alat makan seperti garpu sendok begitu juga tradisi hari nasional di setiap negara yang dihadiri para ulama dan lainnya ada hari tawanan, peringatan intifadhih hari alquds, hari guru, ibu, pohon, buruh, anak, hari anak yatim, faqir semuanya mempunyai tujuan tolong menolong untuk mengingatkan dunia akan adanya golongan tertentu dan ini adalah perbuatan baik, kebajikkan dan tolong menolong dan tidak ada hujjah bagi yang melarangnya.

Walhasil: tidak ada larangan syariat yang shahih jelas serta tidak adanya dalil yang menyelisihinya yang menghalangi untuk menghadiri umdangan saudaramu pada hari ulang tahunnya.

Dan barangsiapa yang mengakui hal tsb adalah perbuatan bid’ah maka katakan bahwa bid’ah adalh dalm agama, ibadah, dan taqorrub dan hal tsb tidak ada dalam pesta ulang tahun bahkan ia termasuk pada hal yang di bolehkan, barangsiapa yamg menjadikannya dikategorikan dalam perbuatan maksiat, maka ia telah berlebih lebihan dalam suatu permasalahan dan mempersempit pada kehidupan manusia tanpa ada hujjah yang jelas tidak dari kitab maupun sunnah yang shahih juga dari kaidah dan usul syariat serta tujuan tujuan syariat.
Untuk itu dibolehkan kehadiranmu dengan alasan diatas dan keumumam hadis nabi : apabila engkau diundang maka penuhilah undangan tersebut.
Dan tidak ada dalil yang melarangnya.

Wallahul muwaffiq.
Dr. Fadli Murod

Wallahu a’lam bishowab.

https://mobile.facebook.com/permalink.php?story_fbid=10201794390887572&id=1415856549&_rdr

Syaikh Dr. Fadli Murod adalah dosen pasca sarjana saya di universitas aliman, saya belajar darinya ilmu usul fiqh metode takhrijul furu ‘alal usul, juga miftahul wusul ila binail furu’ ‘alal usul, juga dasar ilmu usul fiqih madzhab syafii alwaroqoot.

Beliau sekarang dosen di Universitas di Qatar beliau memiliki karangan buku tentang fiqih asr (kontemporer).

Kesimpulan dari pertanyaan diatas jika merayakan ulang tahun boleh maka menyediakan/menjual makanan untuk ulang tahunpun di bolehkan