Oleh : Abdullah Al Jirani

Berikut ini, beberapa hukum seputar takbir hari raya atau takbiran yang sering ditanyakan kepada kami. Di sini kami ambilkan jawaban langsung dari Imam Asy-Syafi’i dalam kitab “Al-Umm”. Selain simple, sumbernya jelas dan muftinya (imam Asy-Syafi’i) juga jelas diakui sebagai imam mujtahid mutlak mustaqil oleh umat muslim dan para ulama’ dari masa ke masa. Selamat menyimak ! semoga bermanfaat.

1). Imam dianjurkan bertakbir setelah shalat fardhu.

Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah- berkata :

وَأُحِبُّ أَنْ يَكُونَ الْإِمَامُ يُكَبِّرُ خَلْفَ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَالصُّبْحِ وَبَيْنَ ذَلِكَ، وَغَادِيًا حَتَّى يَنْتَهِيَ إلَى الْمُصَلَّى ثُمَّ يَقْطَعَ التَّكْبِيرَ. الأم للشافعي (1/ 275)

“Aku sangat senang seorang imam untuk bertakbir di belakang shalat Maghrib, Isya’, Subuh dan diantara itu. Dan (bertakbir) besok hari sampai tiba di mushala (tanah lapang) kemudian dia berhenti takbir.” –selesai-

2).Takbir jama’ah shalat, mengikuti takbir imam shalat (berjama’ah dan beriringan dengan takbir imam).

Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah- berkata :

وَلَا يَدَعُ مَنْ خَلْفَهُ التَّكْبِيرَ بِتَكْبِيرِهِ. الأم للشافعي (1/ 276)

“Orang di belakangnya (makmum dibelakang imam) jangan meninggalkan takbir dengan takbirnya.” (maksudnya, setelah imam membaca takbir, makmum mengikuti takbir imam secara bersama-sama).–selesai-

3). Bentuk ucapan Takbir.

Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah- berkata :

وَالتَّكْبِيرُ كَمَا كَبَّرَ رَسُولُ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فِي الصَّلَاةِ ” اللَّهُ أَكْبَرُ ” فَيَبْدَأُ الْإِمَامُ فَيَقُولُ: ” اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ ” حَتَّى يَقُولَهَا ثَلَاثًا، وَإِنْ زَادَ تَكْبِيرًا فَحَسَنٌ، وَإِنْ زَادَ فَقَالَ: اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا نَعْبُدُ إلَّا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدَّيْنَ، وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وَاَللَّهُ أَكْبَرُ ” فَحَسَنٌ وَمَا زَادَ مَعَ هَذَا مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ أَحْبَبْتُهُ. الأم للشافعي (1/ 276)

“Takbir di hari raya, sebagaimana bertakbirnya Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- di dalam shalat : ALLAHU AKBAR. Imam mengawali dengan mengucapkan : ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, sampai dia mengucapkan sebanyak tiga kali. Jika dia menambah (bilangan) takbirnya, maka itu perkara yang baik. Jika dia menambah lalu mengucapkan : ALLAHU AKBAR KABIRA, WAL HAMDULILLAHI KATSIRA, WA SUBHANALLAHU BUKRATA WA ASHILA, ALLAHU AKBAR, LAA NA’BUDU ILLALLAH MUKHLISHINA LAHUD DIN, WALAU KARIHAL KAFIRUN, LAA ILAHA ILLALLAHU WAHDAH, WA SHADAQA WA’DAH, WA NASHARA ‘ABDAH, WA HAZAMAL AHZAB WAHDAH, LAA ILAHA ILLALLAH, WALLAHU AKBAR, maka ini hal yang baik. Apa yang ditambahkan bersama ini berupa dzikir kepada Allah, maka aku sangat mencintainya.” -selesai-

4). Khatib shalat Ied dianjurkan bertabir sebanyak sembilan kali pada khutbah pertama, dan tujuh kali takbir pada khutbah kedua.

Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah- berkata :

عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ: السُّنَّةُ فِي التَّكْبِيرِ يَوْمَ الْأَضْحَى وَالْفِطْرِ عَلَى الْمِنْبَرِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ أَنْ يَبْتَدِئَ الْإِمَامُ قَبْلَ أَنْ يَخْطُبَ، وَهُوَ قَائِمٌ عَلَى الْمِنْبَرِ بِتِسْعِ تَكْبِيرَاتٍ تَتْرَى لَا يَفْصِلُ بَيْنَهَا بِكَلَامٍ ثُمَّ يَخْطُبُ ثُمَّ يَجْلِسُ جِلْسَةً ثُمَّ يَقُومُ فِي الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ فَيَفْتَتِحُهَا بِسَبْعِ تَكْبِيرَاتٍ تَتْرَى لَا يَفْصِلُ بَيْنَهَا بِكَلَامٍ ثُمَّ يَخْطُبُ. الأم للشافعي :1/273

“Dari Ubaidullah bin Abdillah bin Utbah berkata : “Termasuk sunnah di dalam takbir hari raya Idul Adha dan Idul Fitri di atas mimbar sebelum khutbah, hendaknya imam sebelum khutbah dan kondisi berdiri di atas mimbar mengawali dengan sembilan kali takbir secara berurutan tanpa menyela diantaranya dengan ucapan. Kemudian dia berkhutbah lalu duduk dengan sekali duduk. Kemudian dia berdiri untuk khutbah kedua dan dia buka dengan tujuh kali takbir secara berurutan tanpa disela oleh ucapan kemudian dia berkhutbah.” –selesai-

Beliau juga berkata :

الأم للشافعي (1/ 273)
وَبِقَوْلِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ نَقُولُ فَنَأْمُرُ الْإِمَامَ إذَا قَامَ يَخْطُبُ الْأُولَى أَنْ يُكَبِّرَ تِسْعَ تَكْبِيرَاتٍ تَتْرَى لَا كَلَامَ بَيْنَهُنَّ فَإِذَا قَامَ لِيَخْطُبَ الْخُطْبَةَ الثَّانِيَةَ أَنْ يُكَبِّرَ سَبْعَ تَكْبِيرَاتٍ تَتْرَى لَا يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِكَلَامٍ يَقُولُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ حَتَّى يُوفِيَ سَبْعًا فَإِنْ أَدْخَلَ بَيْنَ التَّكْبِيرَتَيْنِ الْحَمْدَ وَالتَّهْلِيلَ كَانَ حَسَنًا، وَلَا يُنْقِصُ مِنْ عَدَدِ التَّكْبِيرِ شَيْئًا

“Dengan ucapan Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah, maka kami katakan : kami memerintahkan, apabila seorang imam berdiri untuk khutbah yang pertama, hendaknya dia bertakbir sebanyak sembilan kali tanpa putus dan tidak ada ucapan di antara keduanya. Bila berdiri untuk khutbah yang kedua, hendaknya dia bertakbir dengan tujuh takbir tanpa putus dan tidak menyela dengan ucapan apapun diantaranya. Dia mengucapkan : ALLAHU AKBAR..ALLAHU AKBAR…sampai terpenuhi tujuh kali. Jika dia memasukkan TAHMID DAN TAHLIL diantara dua takbir, ini hal baik. Akan tetapi jangan mengurangi bilangan takbir sedikitpun.” –selesai-

5). Takbiran boleh berjama’ah atau sendiri-sendiri.

Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah- berkata :

الأم للشافعي (1/ 264)
فَإِذَا رَأَوْا هِلَالَ شَوَّالٍ أَحْبَبْتُ أَنْ يُكَبِّرَ النَّاسُ جَمَاعَةً، وَفُرَادَى فِي الْمَسْجِدِ وَالْأَسْوَاقِ، وَالطُّرُقِ، وَالْمَنَازِلِ، وَمُسَافِرِينَ، وَمُقِيمِينَ فِي كُلِّ حَالٍ، وَأَيْنَ كَانُوا، وَأَنْ يُظْهِرُوا التَّكْبِيرَ

“Maka apabila mereka melihat hilal bulan Syawwal, aku sangat menganjurkan agar manusia bertakbir berjama’ah atau sendiri-sendiri di masjid, pasar-pasar, jalan-jalan, rumah-rumah, musafir dan muqim di seluruh keadaan dan di manapun mereka berada untuk menampakkan takbir”. [ Al-Umm : 1/353 ].

Note : Jangan lupa ! Insya Allah nanti sore saat sang surya mulai tenggelam di ufuk barat, takbir akan menggema di seluruh dunia. Semoga kita termasuk orang yang bisa ikut andil di dalamnya.