Oleh: Abdul Wahab Ahmad

Bagi siapapun yang alergi terhadap mazhab akidah mayoritas ulama, Asy’ariyah dan Maturidiyah, saya punya pertanyaan sederhana untuk anda. Silakan pertanyaan ini dijawab dengan jelas bila memang anda merasa mengenal Allah. Ini bukanlah pertanyaan tentang kaifiyah sehingga bisa anda bilang bid’ah, bukan pula pertanyaan yang informasinya kita tak tahu sebab ini hal mendasar yang harusnya setiap muslim tahu. Kalau pertanyaan ini dilempar kepada ulama Asy’ariyah dan Maturidiyah, mereka tak perlu berpikir untuk menjawabnya sebab mudah sekali. Tetapi saya yang bodoh ini penasaran apakah jawaban dari orang yang alergi terhadap Asy’ariyah dan Maturidiyah.

Dalam status ini, saya tak hendak menghakimi anda, sama sekali tidak. Saya hanya ingin tahu perspektif yang berbeda saja. Silakan jawab sesuka hati menurut keyakinan anda. Boleh dengan logika saja dan sangat bagus apabila ada dukungan ayat atau hadisnya yang dengan gamblang mendukung jawaban anda, namun ini tak wajib. Saya takkan mendebat jawaban anda, apapun itu. Tetapi saya hanya akan mengonfirmasi jawaban anda dengan beberapa pertanyaan lanjutan untuk mengecek konsistensi jawaban anda. Gampang bukan? Kenapa harus dicek konsistensinya? sebab jawaban yang tak konsisten sama sekali tak bernilai.

Ingat, pertanyaan ini KHUSUS untuk mereka yang merasa alergi terhadap mazhab akidah Asy’ariyah dan Maturidiyah saja dan merasa eneg kalau disamakan dengan mereka. ini untuk mereka yang biasanya mengatakan bahwa Asy’ariyah adalah jahmiyah, Asy’ariyah adalah mu’atthilah, Asy’ariyah bodoh, Asy’ariyah menisbatkan kebodohan pada Rasulullah dan Sahabat, Asy’ariyah beginilah begitulah.

* Bagi semua teman, mohon bantu saya men-share pertanyaan ini dalam bentuk aslinya (bukan copas) supaya siapapun bisa menjawab di beranda saya sendiri dan siapapun bisa membaca semua jawabannya di satu tempat dan mengambil faidah darinya.

Pertanyaannya adalah:

SIAPAKAH YANG MERANGKAI ALLAH HINGGA MEMPUNYAI BENTUK SEPERTI SEKARANG YANG TAK SAMA DENGAN BENTUK SEMUA MAKHLUK?