Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahmatullah ‘alaihi menyebutkan tentang dampak negatif dari mengkhayal yang akan merusak qalbu seseorang. Beliau menuturkan :

Lautan khayalan adalah lautan yang tidak bertepi. Ia adalah lautan yang diarungi oleh orang-orang yang bangkrut didunia ini. Sebagaimana telah dikatakan : “Sesungguhnya angan-angan adalah modalnya orang-orang yang pailit, bekal perjalanannya ialah janji-janji setan serta mengkhayalkan sesuatu yang absurd dan penuh kebohongan.”

Maka gelombang angan-angan yang penuh kedustaan serta khayalan yang batil senantiasa akan mempermainkan penumpang bahtera sebagaima anjing yang mempermainkan bangkai busuk, yang ia adalah bekal bagi setiap jiwa yang hina, tercela dan rendah.”

[Madarijus Salikin hal. 367, terjemahan ialah kalimat yang digarisbawahi dalam foto kitab]

Mengkhayal dan berangan-angan mendapatkan harta yang berlimpah, mendapatkan jabatan, mendapatkan pria tampan shalih, berangan-angan menikahi gadis shalihah cantik jelita, berangan-angan berpoligami dengan empat istri shalihah cantik jelita adalah perangkap setan untuk merusak qalbu.

Bangunlah dari mimpi siang bolong ! Hadapilah kenyataan dan raih impian dengan terus berusaha, berdoa dan bertawakkal !!!