๐Ÿ“ูุงุฆุฏุฉ ู…ุฌู„ุณ ุณู…ุงุน ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… ูฃ
๐Ÿ“ Faidah Majlis Samรข Shahih Muslim 3

Diriwayatkan dari Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… :
ุญุจู‘ูƒ ู„ู„ุดูŠุก ูŠุนู…ููŠ ูˆูŠุตู…ู‘
“Cintamu terhadap sesuatu bisa membuat engkau buta dan tuli”

Ana cinta kepada Syaikh Al-Albany ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฑุญู…ุฉ ูˆุงุณุนุฉ dan kitab2 karya beliau, terutama Sifat Shalat Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang telah kubaca edisi terjemahan maupun Arabic nya dan juga karya fenomenal beliau 2 Silsilah Shahihah dan Dha’ifah dan ana banyak istifadah dari takhrij2 beliau maupun karya beliau lainnya.

Begitu pula Syaikh Hรขmid Al-Bukhary beliau pun melayangkan pujian kepada Syaikh Al-Albany dan beliau memang termasuk ulama abad ini namun kehebatan dan keluasan ilmu Syaikh Al-Albany tidaklah melazimkan bahwa beliau luput dari kesalahan baik dalam takhrij hadits maupun tulisan lainnya.

Ketika SMA ana pun sudah baca edisi terjemahan Shalat Tarawih karya Syaikh Al-Albany yang kesimpulan isinya beliau berpegang dengan hadits Aisyah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง bahwa shalat Tarawih hanya 11 rakaat dan tidak boleh lebih serta mendha’ifkan riwayat-riwayat dari para Sahabat yang shalat 23 rakaat dan itu adalah dha’if yang ghairu munjabir walaupun banyak thuruq nya, di masa itupun ana pernah ‘dipaksa’ mabit di sekolah dan shalat qiyamul-lail 23 rakaat namun ana duduk di rakaat ke 8 sembari menunggu witir bak mujtahid mutlaq yang bisa langsung mengkompromikan dalil2 layaknya para Imam mazhab.

Ketika sampai kepada hadits Aisyah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง bahwasanya Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tidak pernah shalat (malam) di bulan Ramadhan maupun di luar Ramadhan lebih dari 11 rakaat, Syaikh Hรขmid Al-Bukhary ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ jelaskan bahwa itu adalah keadaan shalat malam Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang tidak bermakna ilzam/keharusan.

Ditambah lagi dalam hadits yang dalam Shahih Muslim, Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… pernah ditanya tentang tata cara shalat malam, beliau jawab :
“Dua rakaat dua rakaat, jika engkau khawatir masuk waktu Subuh maka ganjilkanlah dengan shalat 1 rakaat”, Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tidak batasi jumlah rakaat padahal si penanya tidur mengerti tentang shalat malam, sedangkan dalam kaidah:

ูƒุชู…ุงู† ุงู„ุนู„ู… ููŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุญุงุฌุฉ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ

“Tidak boleh menyembunyikan ilmu di saat dibutuhkan” dan berimbas seolah Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tidak menyampaikan ilmu tentang shalat malam yang mestinya disampaikan, maka ketika tidak dibatasi jumlah rakaat nya menunjukkan bahwa memang demikian yang diinginkan, yakni jumlah rakaat shalat malam adalah mutlaq dan tidak terkait bilangan tertentu.

Kemudian Syaikh Hรขmid jelaskan bahwa ada dalil yang menunjukkan bahwa pembatasan 11 rakaat terbantahkan, yaitu hadits Ibnu Abbas bahwasanya Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… shalat 13 rakaat dengan 2 rakaat salam ditutup witir 1 rakaat, seandainya lebih dari 11 rakaat adalah bid’ah maka tidak boleh Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… shalat 13 rakaat maka yang lebih tepat adalah 13 tetap sesuai syari’at dan hadits Aisyah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง tidak mengandung pembatasan, ditambah lagi Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memiliki 9 istri dan Aisyah mendapatkan giliran 2 malam dari pemberian jatah Saudah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง sebagian besar malam lainnya, Aisyah tidak menyaksikan shalat malam Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang tidak tertutup kemungkinan pernahnya Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… shalat lebih dari 11 rakaat dan ternyata memang terjadi di rumah Maimunah bibi Ibnu Abbas.

Kemudian Syaikh Hรขmid menambahkan bahwasanya kaum muslimin sejak zaman para Sahabat hingga para Imam mazhab dinukil dari mereka bahwasanya mereka shalat lebih dari 11 rakaat, Jumhur memilih 23 rakaat, sebagian ulama seperti Imam Mรขlik bahkan sampai 39 rakaat dan tidak pernah ada nukilan dari Salafusshalih dari zaman ke zaman tentang bid’ah nya shalat lebih dari 11 rakaat, bahkan kebaikan mereka shalat 11 rakaat, maka sungguh amat mustahil kaum muslimin selama 14 abad berada dalam kekeliruan dalam Bab Qiyamul-lail lalu datang seorang alim dari abad ke 14 berada dalam kebenaran dalam bab ini… Sungguh tidak mungkin

Qultu : Kalaulah boleh kita pakai kaidah dalam ilmu hadits tentang Bab Syaadz :

ุงู„ุฎุทุฃ ุฅู„ู‰ ุงู„ูˆุงุญุฏ ุฃู‚ุฑุจ ู…ู†ู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ

“Kesalahan dari seseorang lebih mungkin terjadi daripada dilakukan oleh orang banyak”, yang di antara orang banyak tersebut terdapat para Imam yang telah sampai kepada derajat mujtahid mutlaq, misalnya Imam Ahmad yang dikatakan dalam biografi nya :

ุฌู…ุน ุนู„ู… ุงู„ุฃูˆู„ูŠู† ูˆุงู„ุขุฎุฑูŠู†

“Telah mengumpulkan ilmu orang yang terdahulu (Sahabat dan Tabi’in) dan yang belakangan”.

Kemudian Syaikh Hรขmid pun menambahkan bahwa mazhab ini, yakni qawl bid’ah nya lebih dari 11 rakaat berakibat lawazim yang buruk, di antaranya:

1. Ketika ia shalat di masjid yang 23 rakaat maka ia tidak ikut shalat bahkan juga berisik sehingga bertentangan dengan ayat:

ูˆุฅุฐุง ู‚ุฑุฆ ุงู„ู‚ุฑุขู† ูุงุณุชู…ุนูˆุง ู„ู‡ ู„ุนู„ูƒู… ุชุฑุญู…ูˆู†

“Dan apabila dibacakan Qur’an maka dengarkanlah agar kalian mendapat rahmat ” (QS Al-A’raf)

2. Kehilangan fadhilah shalat bersama imam hingga selesai yang Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… katakan fadhilah seperti shalat semalaman.

3. Perselisihan hati kaum muslimin dalam 1 masjid bahkan pernah seorang thalib dari Asia Tengah bertanya tentang : Bagaimana kalau saya mengajak orang shalat 11 rakaat saja? Lalu Syaikh jelaskan bahwa bukan demikian mazhab Imam yang 4 dan thalib tsb tetap keukeuh, akhirnya ia membuat ‘makar’ bahwa ketika rakaat ke 8 Ian beserta jama’ah nya keluar dari masjid dengan serentak, akhirnya ditanya oleh jama’ah yang shalat 23, dijawab : itu bid’ah hingga timbul kericuhan dan saling pukul di masjid sehingga kaum muslimin pada malam itu tidak jadi shalat dan dibawa ke kepolisian…

Qultu : Seandainya thalib tsb memang benar-benar ingin mengikuti Salafusshalih, mestinya ia mengikuti Abdullah bin Mas’ud ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ yang ketika Utsman ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ shalat 4 rakaat ketika haji, padahal Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… beserta Abu Bakar dan Umar ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง selalu qashar ketika haji, lalu Ibnu Mas’ud diajak untuk membuat jama’ah shalat qashar sebagaimana Nabi dan 2 Khalifah yg mulia, dijawab :

ุงู„ุฎู„ุงู ุดุฑู‘
“Perselisihan itu buruk”, dan beliau tetap shalat di belakang Utsman 4 rakaat.

Qultu : Pembatasan 11 rakaat sebenarnya juga lemah ditinjau dari Ushul Fiqh :
1. Semata-mata perbuatan Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… jika tidak diiringi perintah dibawa kepada sunah bukan wajib nya perbuatan tsb dan ini adalah mazhab yang didukung Jumhur ulama Usuliyyin

2. Mafhumul-‘adad, pemahaman bahwa bilangan yang tidak disebutkan memiliki hukum yang berbeda, yakni dalam kasus ini : Shalat 11 rakaat sesuai Sunnah maka lebih dari itu bid’ah… Mafhum seperti ini juga tergolong mafhum yang lemah menurut ulama Ushul Fiqh, dan sering kali mulgha (tidak berlaku), seperti ayat At-Taubah :

ุฅู† ุชุณุชุบูุฑ ู„ู‡ู… ุณุจุนูŠู† ู…ุฑุฉ ูู„ู† ูŠุบูุฑ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡ู…
“Walaupun engkau minta ampunan untuk mereka sebanyak 70 maka Allah tidak akan mengampuni mereka (orang-orang munafik)” kenyataannya Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tetap dilarang untuk mintakan ampun untuk mereka di ayat2 selanjutnya. Dan hadits Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… istighfar 100 kali dalam sehari, Abu Hurairah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ sang rawi hadits tiap harinya istighfar 1000 kali, sebagaimana dalam Jami’ul Ulum.

Kenyataannya dalam masalah ini, yakni bahwasanya shalal malam lebih dari 11 rakaat adalah bid’ah, kita tidak mengetahui bahwa Syaikh Al-Albany memiliki Salaf dalam pendapat tsb.

Terkadang ana merasa heran kepada sebagian kaum muslimin yang ingin mengikuti Salafusshalih namun ‘gagah berani’ jika bertentangan dengan pendapat para Imam terdahulu yang mereka adalah Salafusshalih yang sebenarnya, namun ‘kecut’ jika bertentangan dengan pendapat ulama mutaakhirin atau ustadz belakangan.

Sumber:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=807199606156563&id=100005995935102