A. Pola 1:
1. Dalil Haqiqi
a. al-Quran
2. Dalil Tab’iy:
a. Selain al-Quran

B. Pola 2:
1. Dalil Muttafaq ‘Alaihi (Disepakati Legalitasnya):
a. al-Quran
b. Sunnah
c. Ijma’
d. Qiyas
2. Dalil Mukhtalaf Fiih (Diperselisihkan):
a. Istidlal (Syar’u Man Qoblana, Mazhab Shahabat, ‘Urf, Istishlah, Sadd adz-Dzari’ah, Istihsan, dll)
b. Istishhab

C. Pola 3:
1. Dalil Naqli:
a. al-Quran
b. Sunnah
c. Ijma’
d. Syar’u Man Qoblana
e. Mazhab Shahabat
f. ‘Urf
2. Dalil ‘Aqli:
a. Qiyas
b. Istishlah
c. Sadd adz-Dzari’ah
d. Istishhab
e. Dll.

Kaidah:
Setiap teks al-Quran dan Sunnah adalah dalil, tapi tidak mesti setiap dalil, berupa teks al-Quran dan Sunnah.

Jadi, jika ada yg mengatakan bahwa setiap muslim harus mengikuti “dalil” dalam amalnya, tidak mesti dalilnya berupa teks al-Quran dan Sunnah.
Yg menjadi masalah, dg jumawa mengatakan bahwa amalnya pasti berlandaskan dalil, tapi tidak paham, apa itu dalil. Sembari mengolok-olok amalan orang lain tanpa adanya tabayyun, dg tuduhan tidak berlandaskan dalil.
Apalagi hanya dg keyakinan, bahwa dalil terbatas hanya pada teks-teks al-Quran dan Sunnah semata.

Sumber:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1962619057103139&id=100000651905269